Pages

Friday, January 27, 2017

Day 10 KF Writing Challenge: Hal yang Tak Ingin Diulangi

Jika ditanya apa hal yang tidak ingin diulangi, hmm.... ada banyak. Utamanya yang berkaitan dengan perasaan misalnya jatuh cinta pada dia yang telah berkali menyakiti.Urusan hati itu rumit. Berapa kali pun kita berjanji untuk tidak mengulangi, tetap saja hati yang tak terkontrol membuat tanpa sadar kita jatuh ke lubang yang sama, lagi dan lagi.

Karena yang berkaitan dengan hati dan perasaan itu terlalu berat, saya mau mencari hal ringan saja, yang kiranya memang tidak ingin saya ulangi lagi. Sesuatu yang ketika dilakukan akan menghasilkan efek jera. Saya ketik ini sambil makan mie bakso plus chicken katsu dan segelas es teh manis jumbo, namun inspirasi itu tak kunjung datang. Saya masih bingung, hal "ringan" apa yang bisa saya janjikan untuk tidak mengulanginya lagi.

Karena jika berkaitan dengan diri, tak ada hal yang pasti untuk dijanjikan. Bisa jadi, kita mengulangi kesalahan yang sama. Bisa jadi, kita mendekati sesuatu yang tidak disukai. Semuanya ada alasan. Ini bukan suatu pembelaan atau pembenaran atas apa "hal buruk" yang mungkin saja dilakukan atau terulang kembali di depan.

Janji itu berkaitan dengan usaha. Usaha untuk ditepati. Membuat janji itu susah. Membuat janji itu berat. Namun, tetap saja, harus diberanikan. Karena itu yang disebut dengan tanggung jawab. Usaha adalah bentuk tanggup jawab untuk menepati janji.

Kalau memang maksa banget saya harus menjanjikan satu hal yang tak ingin saya ulangi lagi di tulisan ini, hmmm.... 


"Saya akan berusaha untuk tidak mendendam lagi pada semua yang telah berlalu"
selama gak disenggol bacok duluan


***

Sampai jumpa di Kampus Fiksi Writing Challenge berikutnyaa~~

No comments: