Pages

Wednesday, June 13, 2012

Ada Apa dengan Asian Kung-Fu Generation

Kenapa harus AKG?

Daritadi udah nge-post beberapa lirik dari lagu-lagunya Asian Kung-Fu Generation, sebuah band rock asal Jepang. Lirik-lirik itu merupakan lirik dari lagu-lagunya AKG yang paling saya suka. Hmm... di samping karena liriknya yang emang bagus, musiknya emang enak didengar, sih. Oh, sudahlah... Saya bukan orang yang pintar menilai tentang musikalitas suatu band atau apapun itu. Yang penting musiknya enak didengar, liriknya oke punya, yaa itu bikin saya jatuh hati. Hahahahaa..

Trus, kenapa harus AKG?

Well... Jujur aja, sebelumnya saya sama sekali gak tau dengan band yang satu ini. Dari luar negeri, pula. Jangankan untuk perhatian sama band-band luar negeri, sama yang dari dalam negeri sendiri aja sebenarnya saya ga begitu hapal. Iya, saya emang orangnya gak terlalu menaruh perhatian lebih pada hal apapun. Saya gak punya idola yang benar-benar digandrungi, sampe mengoleksi segala macam barang dan informasi tentang sang idola. Hahaha.. saya gak pernah punya idola yang sampe segitunya. Suka ya, suka aja.

Trus, kenapa harus AKG?

Ini... Harus banget dijawab, ya? (situ sendiri yang bikin pertanyaan, situ sendiri yang malah nanya balik -____-)
Hahahaha... Kenapa harus AKG? Kenapa enggak? Emang kenapa dengan AKG? Emang masalah kalo malam ini membahas tentang AKG? Saya cuma lagi mengingat-ingat sosok yang mengenalkan saya pada grup band ini, yang mengirimkan saya disk yang isinya lagu-lagu AKG, banyaaak banget. Yang pada awalnya saya dengerin, sebenarnya kurang tertarik. Makin kesini, makin didenger-denger, ternyata ada beberapa lagu yang emang musiknya bagus. Artikulasi vokalisnya pas nyanyi juga lucu. Makanya saya suka AKG.

Trus, kenapa harus AKG?

Lah, kan tadi udah dibilangin kalo saya sedang mengingat-ingat sosok yang mengenalkan saya pada grup band ini. Hahahaha... Rada curhat deh, ya. Sekali lagi aja deh, gapapa...
Saya itu... Senang mengingat hal-hal indah yang pernah terjadi dalam hidup. Walaupun ada kenangan buruk yang juga menyertai keindahan tersebut, tapi saya berusaha menepis ingatan tentang yang buruk-buruk itu ketika sedang mengenang hal-hal indah. Dari AKG ini, saya ingat kalo dulu pernah diajarin untuk bisa membaca huruf-huruf Jepang dari lirik lagu AKG yang ditulis dalam huruf Jepang. Saya ingat bagaimana dulu saya mencoba membaca huruf-huruf tersebut, kemudian mencari artinya di kamus. Dari AKG, dan dari sosok yang mengenalkan saya pada AKG itulah saya jadi belajar banyak tentang huruf-huruf Jepang (Yah, sekarang sih udah berenti belajar... Vakum dulu gara-gara kejadian buruk yang mengiringi hubungan indah saya dan sosok itu, hiks...)

Trus, kenapa harus AKG?

Ah, ditanya lagi... Hahahha..
Saya itu kalo galau, atau lagi dalam keadaan sesedih apapun, jarang sekali (bahkan gak pernah) yang namanya menangis. Oke, silakan aja bilang kalo hati saya sekeras batu, atau mungkin lupa dengan cara menangis.Saya lebih bisa nangis gara-gara jatuh dan lutut saya berdarah, daripada nangis gara-gara keingetan sama mantan. Ngenes banget, ya?
Menurut saya sih, ekspresi kesedihan itu gak selamanya harus diungkapkan dengan airmata. Kamu gak harus menangis untuk menunjukkan bahwa kamu sedang bersedih. Sikap non verbal terkadang memberikan pengertian yang lebih dalam daripada airmata, atau bahkan kata-kata.
Katakanlah, seperti saya yang sekarang ini. Kurang ngenes apa sih sebenernya, tiap hari kerjanya selalu mengenang semua kenangan indah, padahal kejadian buruk yang menimpa hubungan kami harusnya bisa membuat saya melupakan semua itu. Tapi, saya terlalu terbuai dengan keindahan sehingga benar-benar menampik semua kenyataan pahit. Masa bodo kalo sekarang kami putus, selama saya masih bisa bersenang-senang dengan keindahan itu.
Saya sadar, banget, kalo sikap saya ini bener-bener konyol. bodoh, ngenes. Tapi... Selama bisa memberikan saya kebahagiaan (walaupun semu, sangat semu), kenapa enggak? Dan... AKG adalah band yang sempurna mengingatkan saya pada kenangan indah di masa lalu.

Itulah alasannya kenapa harus AKG. :-)

Sebagai penutup, nih saya tunjukin lirik salah satu lagunya Asian Kung-Fu Generation yang judulnya Kamakura Goodbye. Lagu inilah yang saya maksudkan di atas, yang saya cari-cari cara bacanya, yang saya terjemahin sampe puyeng. (Padahal mah, kalo dulu saya cerdik, saya bisa aja tanya mbah google dan bisa nemuin itu semua di web-nya AKG. Ckckck... betapa polosnya saya. Hahahaha...)

Kamakura Goodbye
Kuridasu hito ga afureru toori kara

Hazureta roji ga temaneku you datta na
Nakidasu kimi wa taifuu no you datta na

Hashiridasu toki wa itsudemo kyuu datta na

Ame no hi ni wa kasa ni narou
Kimi ga hitori nurenai youni
Hareta gogo wa umi e ikou
Kaze ga hakobu yume

Konna hibi ga tsuzuku you na hiyouri
Tooriame ga furidashite mo
Soredemo kimi ga warau youni

Gogo ga kuta yo
Sayonara  Tabi no hito

Kaze no hi ni wa hata ni narou
Kimi ga miushina wa nai youni
Hareta yoru wa hoshi wo miyou
Kaze ga soyogu yuube

Konna hibi ga tsuzuku you na hiyori
Demosa  Kyou wa owarundayo
Soredemo kimi ga warau youni

Yoru ga kuta yo
Sayonara  Tabi no hito

(kalo diartikan dalam bahasa inggris)
Of a street overflowing with people
Is a backstreet alley that seemed to call out
You started crying like a typhoon
Always one to make a sudden move


Let me be your umbrella when it rains 
So that you won't be the only one wet 
Let's go down to the ocean on a sunny afternoon 
A dream carried here by the wind


Feels like days like these will continue 
Even if we're caught in a sudden shower 
I'll do what I can to make you laugh


The afternoon's here 
Goodbye, traveler


Let me be your flag on windy days 
So you won't lose sight 
Let's look at the stars on a clear night 
A breezy evening


Feels like days like these will continue 
You know, today will eventually end 
I'll do what I can to make you laugh


Night's here 
Goodbye, traveler

No comments: